Friday, October 19, 2012

Menjual tanpa "Berjualan"

Menjual adalah aktifitas yang banyak kita temukan baik itu dipasar, mall, atau bahkan pekerjaan kita sehari-hari memang adalah aktifitas menjual.

Kalau kita amati dimall atau disupermarket
Ketika kita didekati oleh marketing kartu kredit, mungkin sebagian dari kita langsung bilang "Tidak terimakasih" atau cuman memberi isyarat menolak.

Atau kalau kita mendekati rak susu anak, tentu kita merasa risih ketika ada SPG yang menjelaskan manfaat produknya dan ujung-ujungnya adalah untuk memaksa kita membeli produk tersebut. Waaah...sebel banget.

Sistem menjual dengan memberi penjelasan tentang seluruh kelebihan produk (product knowledge) terkadang malah membuat komsumen merasa risih, karena belum tentu setiap konsumen ingin tahu seluruh kelebihan produk kita. 

Tipe konsumen seperti ini malah akan "lari" ketika kita nyerocos mengenai keunggulan produk tanpa memperhatikan apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Disini saya ingin mengajak anda untuk berpikir bukan dari sisi kita sebagai penjual, namun coba kita sesekali tidak perlu memberi penjelasan kepada konsumen. Tapi cobalah untuk "bertanya?"

Ibu, boleh kami bantu mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan ibu?
Produk seperti apa yang ibu butuhkan?
dst
Dan bila memang yang dibutuhkan tidak ada, jangan memaksa untuk membeli
Karena ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi calon pelanggan tersebut

Yaaah..ternyata perasaan nyaman menjadi faktor yang sangat







No comments:

Post a Comment