Wednesday, November 4, 2009

AHMAD DHANI EFFECT




picture source : www.dewa19.com

Ahmad Dhani adalah sosok yang sangat jenius. Itulah ungkapan yang dapat menggambarkan sosok seorang Ahmad Dhani (dalam tulisan berikutnya disebut dhani). Mungkin tidak perlu dibahas mengenai detailnya karena sudah ada di infotainment.

Namun saya ingin melihat dari sudut pandang ilmu Marketing, dimana fenomena Ahmad Dhani mungkin dapat menginspirasi dan menumbuhkan ide-ide kreatif dibenak anda saat ini.

Ada beberapa parameter yang mendasari hal ini :
1. Faktor Kali
2. Sensasi
3. Stability
4. Open Mind

Faktor Kali
Pernahkan anda menghitung berapa banyak artis yang diorbitkan dan berada dibawah manajemen Republik Cinta? saya mencatat ada 13 artis dan band. Mereka antara lain DEWA 19, Mulan Jameela, MahaDewi, dan The Rock Indonesia serta masih ada 9 artis lain yang sedang dan akan muncul diantaranya The Virgin, The Law, Lucky Laki dll.

Rupanya Dhani memahami benar akan artinya faktor kali dalam berbisnis. Kalau boleh saya membandingkan dengan Maya (mantan istri Dhani) yang sudah puas dengan 1 band yang dilakoninya sendiri "DUO MAYA"  maka pendapatan Dhani secara kasar adalah 13 kali pendapatan Maya. Hemmmm.... menarik bukan. Hal ini masih belum dihitung dari faktor lain.

Lalu apa hubungannya dengan saya, buatlah faktor kali sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan  dan potensi anda. Karena kita sama-sama hanya memiliki kesempatan hidup 1 kali, waktu cuma 24 jam sehari dan fisik terbatas cuma 1 jasmani yang tidak dapat berada pada waktu yang sama dalam satu waktu.

SENSASI
Mungkin anda pernah mendengar dan membaca tentang Purple Cow karya Seth Godin

Yup...benar sekali....... selalu berbeda dari yang lain. Kalau pemain lain duduk anda harus berdiri, kalau yang lain berdiri anda harus loncat, kalau yang lain loncat anda harus terbang. Pertanyaannya... kalau yang lain terbang terus saya mesti gimana dong? jawabnya gampang...bilang aja saya lagi capek :):):)

STABILITY
Masih ingat dengan grup band DEWA 19 yang sempat beberapa kali bongkar pasang personil dan bahkan angka 19 dibelakang nama DEWA juga sempat hilang.

Berbeda dengan band kebanyakan lain yang langsung bubar ketika ada pergantian personil. Rupanya Dhani dapat menjadi penjaga nyala api agar tetap bersinar terang.

Ringkasannya adalah, tidak ada artinya memiliki sebuah bisnis apabila tidak memiliki titik stabil.
Sekali karyawan keluar maka habislah usaha kita, sekali mendapat masalah maka putus asalah kita.
Mari kita bangun bisnis kita secara lebih matang dan maju, tentunya semakin maju usaha kita maka akan semakin banyaklah rahmar yang dapat ditebar kepada umat.

OPEN MIND
Selalu terbuka dengan hal-hal baru dan membuka mata dan telinga lebih lebar untuk dapat melihat dan mendengar lebih banyak.

Artinya, setiap apa yang kita lihat pasti menghasilkan keuntungan bagi yang mengerjakan. Tidak peduli itu baju, jam tangan, kaca mata, stiker mobil, aspal, cat tembok dll.

Jadi mari membuka pikiran kita untuk dapat lebih terbuka dengan setiap kesempatan yang ada. Dunia akan menjadi jauh lebih indah.


Semoga tulisan ringan ini dapat membawa manfaat dan lebih penting lagi dipraktekkan alias ACTION. Amin

Fatchur Rozi
http://fatchur-rozi.blogspot.com
www.rajasendal.com

No comments:

Post a Comment