Tuesday, June 8, 2021

Focus is About Saying NO!

Kata ini pertama kali saya dapatkan dari Cak Steve Jobs, dan membuat saya cukup lama tertegun dan mulai mengingat banyak hal yang sudah pernah dialami sebelumnya.

Rupanya, sebagai seorang yang berasal dari suku Jawa, atau banyak suku lain di Indonesia memang pada umumnya memiliki sifap yang terkenal ramah, dan tidak enakan pada orang lain. Hal ini membuat saya sering kali mengalah dan membiarkan orang lain yang menentukan hidup saya.

Namun pada suatu titik, akhirnya saya memutuskan hanya akan mengikuti kata hati, dan "FU*K to others", atau kata Liem Sio Gie "GO TO HELL AM****A.

Pada waktu itu, saya memiliki beberapa unit usaha yang memang belum ada yg cukup besar, namun sok banyak bisnis untuk dikerjakan dalam waktu yang berbarengan.

Singkat cerita, saya memutuskan hanya fokus pada usaha yang saat ini saya tekuni.
Menutup mata pada hal lain yang berseliweran di benak pikiran dan seringkali menyentil untuk di coba. 

Alhamdulillah, sedikit demi sedikit usaha saya mulai menunjukkan hasil dan secara konstan mulai tumbuh hingga saat ini merupakan penghasilan utama saya.

Memang pada awalnya sangat sulit untuk mulai fokus hanya pada satu hal saja. Misalnya saja, saya mulai menutup semua akun medsos pribadi dan tidak menonton tv dan tidak oula membaca berita baik media cetak, online dkk.

Sy menjadi "kupdate" (kurang update), dan ketika orang mulai ngomong hal yg update saya hanya bisa melongo saja kala itu. Namun secara perlahan saya mulai terbiasa dan hidup saya kok malah tenang dan bisa tidur dengan sangat nyenyak, dan ini yang membuat perut saya semakin tambah ukurannya ha..ha..ha...

Sampai-sampai semua grup di WA saya yg membahas hal diluar topik yg diperkenankan oleh grup maka saya langsung keluar dr grup tersebut. Hal yang banyakembahas SARA dan lain sebagainya.

Satu hal yang membuat saya memutuskan pindah ke Sidoarjo pada tahun 2016 dan kemudian pada tahun 2020 saya memutuskan untuk menetap di Kota Batu Jatim yaitu semakin banyak orang yang tidak mengenal saya akan membuat hidup saya semakin tenang.

Karena saya dulu ketika tinggal di Bogor, cukup banyak yg "memanfaatkan" untuk diundang ke seminar maupun banyak yang mengajak kerjasama tapi cuman dibalas dengan ucapan terimakasih. Bukannya saya tidak mau, tapi saat ini saya lebih memutuskan untuk membesarkan bisnis dan menikmati hobi saja. 

Intinya adalah ketika Anda tidak pandai menolak rencana lain, maka bersiaplab menyusun rencana baru!

Salam Hangat,

ROZI
Entrepreneur Penyendiri

No comments:

Post a Comment